Laman

Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Kalau Kongres Ricuh Terus, Kader PSSI harus dirombak total ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::... Di Sini....::...

Selasa, 03 Mei 2011

Kagumi Alam Indonesia, Siap Bekerjasama di Bidang Olahraga

GlestRadio.com - SEBANYAK 540 delegasi (anggota) International Olympic Committee (IOC) dari 150 negara di dunia, berkumpul menghadiri "9th World Conference On Sport And The Environment" di Hotel Sheraton, Doha, Qatar, 1-2 Mei 2011 ini. Mengangkat tema "Playing For A Greener Future", pesan penting ajang ini untuk menjaga keseimbangan lingkungan, pun disebar ke seluruh penjuru dunia melalui event-event olahraga.

Presiden Republik Hungaria Pal Schmitt pun ikut hadir di sana. Schmitt dikenal sebagai salah seorang presiden yang berkonsentrasi dalam mengembangkan konsep sports and environtment (olahraga dan lingkungan). Mungkin karena itu pula, jabatan sebagai Chairman IOC Commission for Sports and Environment, hingga kini telah dijabatnya selama lebih dari 15 tahun. Berikut petikan wawancara wartawan JPNN, Afni Zulkifli, dengan Schmitt, di sela-sela kesibukannya di lokasi event tersebut:



Apa yang ingin kita capai dari konferensi ini?
Ada aturan yang berlaku di semua negara bahwa kita memang harus peduli terhadap kondisi dan keindahan alam yang ada di sekitar kita. Itu menjadi tanggungjawab kita semua. Prinsip dari aturan itu adalah pembangunan yang berkelanjutan, yaitu mengambil yang diperlukan dan ingat untuk generasi selanjutnya yang membutuhkan.

Contoh konkritnya?
Jangan terlalu banyak mengubah apa yang sudah ada di dunia ini. Harus ada contoh-contoh dan pembelajaran yang baik untuk kelestarian lingkungan.

Di bagian mana IOC akan berperan, sesuai tema konferensi kali ini?
Jangan kita hanya bicara soal olympic saja. Olympic hanya event kecil yang diorganisir oleh International Olympic Committee. Banyak contoh-contoh nyata yang bisa menunjukkan komitmen serius di setiap negara, untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Misalnya menjaga kebersihan sekitar, peduli emisi gas buang, memakai peralatan yang ramah lingkungan, disiplin dalam membuang jenis sampah, dan bagaimana menggunakan transportasi yang bisa mengurangi polusi suara. Sebenarnya banyak hal-hal kecil dalam menjaga lingkungan, yang sudah terlupakan arti pentingnya oleh manusia sendiri.

Program-program IOC dalam mensosialisasikan pentingnya lingkungan ini?
Kita memberikan ruang yang lebar pada ribuan, bahkan jutaan anak-anak di seluruh dunia, untuk mengerti dan mencintai lingkungan sejak dini. Mereka kita ajak bicara, ikut terlibat aktif, dan dididik untuk meningkatkan rasa tanggungjawabnya dalam berpartisipasi menjaga keseimbangan dunia.

Lalu, peran atlet pada program ini?
Jelas sangat penting. Di setiap cabang olahraga, para atlet hendaknya bisa memberikan contoh, dan mengajak masyarakat di sekitarnya untuk ikut menjaga lingkungan. Karena mereka (para atlet) punya pengaruh untuk mengajak. Termasuk juga bagi negara-negara yang akan menjadi tuan rumah event-event olahraga internasional. Harus memperhatikan masalah energi, sampah, ataupun kadar limbah pada kondisi tanah mereka. Banyak hal-hal seperti itu yang harus benar-benar dipersiapkan. Intinya, anda harus mempelajari kebiasaan-kebiasaan buruk dari penduduk, dan coba mensosialisasikan dengan baik pada penduduk lokal.

Tantangan apa sebenarnya yang dihadapi?
Kami sadar, melindungi lingkungan di setiap negara itu berbeda-beda. Penanganan (masalah lingkungan) antara negara besar dengan negara kecil itu juga beda. Oleh karena itu, kami akan berkeliling dunia untuk membuat konferensi seperti ini di tingkat regional yang bisa diaplikasikan dan diterapkan. Jadi tidak hanya omong kosong belaka, tapi juga harus bisa dilakukan secara nyata di lapangan.

Anda (tampaknya) sudah menerima buku 'The Green Riau' dan 'Riau, Indonesia Ready For An International Sport Event'. Apa pendapat anda tentang dua buku ini, bila dikaitkan dengan tema konferensi kali ini?
Dari buku ini, saya lihat Indonesia dan Riau sudah melakukan sebuah langkah yang bagus. Saya lihat, alam Indonesia ini sangat fantastis, dan dapat menjadi simbol kecantikan dari negara anda sendiri. Saya mengagumi keindahan alamnya. Apalagi, Riau akan membuat event olahraga dengan mengangkat tema memperhatikan lingkungan. Pesan saya, jangan berhenti.

Karena temanya sama, yakni environment (lingkungan), apakah anda siap membantu Indonesia khususnya Riau dalam berbagai event olahraga ini?
Soal kerjasama, kami siap untuk membantu Indonesia. Di bidang olahraga kami juga siap bekerjasama. Karena kami juga punya sekolah pelatihan fisik yang sangat bagus di Hungaria, dan sangat banyak sekali pelatih dari negara-negara lain datang belajar di tempat kami dengan memanfaatkan beasiswa dari Olympic Solidarity. Kami juga bisa melakukan pertukaran ahli, dokter dan tenaga-tenaga pelaksana di bidang olahraga.

Hampir 15 tahun anda di bidang sports and environment ini. Apakah anda sudah puas dengan konsep penggabungan keduanya?
Mungkin sudah lebih dari 15 tahun, dan selama ini kami sudah puas. Semakin hari, kami melihat event-event olahraga di seluruh dunia sudah mulai memperhatikan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Hal tersebut memiliki peran sangat penting, namun sering terlupakan. (afz/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar